Menu Makanan 5 Sehat 4 Sempurna Untuk Anak

Menu Makanan 5 Sehat 4 Sempurna Untuk Anak

5sehat4sempurna.com – Makanan yang sehat dan mencukupi kebutuhan nutrisi anak adalah 5 sehat 4 sempurna. Semboyan ini sudah di dengung-kan oleh pemerintah RI sejak tahun 1955 lalu dengan tujuan agar warga negara Indonesia bisa mengkonsumsi makanan sehat dan memberikan manfaat terhadap perkembangan tubuh yang sehat terutama pada anak-anak. Makanan yang kita konsumsi harus beraneka ragam agar berbagai jenis nutrisi terpenuhi. Ada banyak nutrisi yang di butuhkan tubuh, maka lewat pola makan 5 sehat 4 sempurna semuanya akan terpenuhi, masing-masing nutrisi akan di serap oleh tubuh lewat makanan sehat tersebut.

Untuk itu, sangat penting untuk memperhatikan makanan sehat dalam keluarga agar kehidupan sehat bisa tercapai. Melalui program 5 sehat 4 sempurna, kita wajib mendukung program pemerintah ini karena imbasnya adalah kepada masyarakat sendiri. Tubuh yang sehat itu butuh setidaknya 5 jenis makanan yang sehat termasuk di dalamnya minum susu dan lain-lain. Ok, langsung saja kita akan melihat jenis makanan 5 sehat 4 sempurna di bahwa ini, Namun sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu 5 sehat 4 sempurna ini? Ini adalah makanan yang mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Makanan yang tergolong dalam 5 sehat 4 sempurna adalah makanan yang terdiri dari buah-buahan, sayur-sayuran, lauk pauk dan nasi serta susu. Berikut kita lihat ulasannya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang pola hidup sehat yang sebenarnya. 2. Lauk-PaukDaging sapi, daging kambing, ikan dan aneka ragam hewan laut atau darat dan udara seperti burung. Makanan pokok adalah makanan utama yang di konsumsi manusia, seperti nasi. Nasi yang berasal dari padi ini memiliki manfaat cukup besar dalam membesarkan anak manusia.

Namun ada juga makanan pokok lainnya yang di konsumsi di daerah tertentu seperti sagu, gandum, jagung, singkong, kentang, dan umbi-umbian. Ini adalah makanan kaya karbohidrat yang bisa mengenyangkan tubuh. Nasi adalah makanan pokok, namun sebaiknya tidak di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan karena nasi banyak mengandung gula yang ber-efek buruk terhadap kesehatan jika berlebihan. Sebaiknya, nasi di ganti dengan nasi merah atau beras merah. Kenapa harus beras merah? Beras merah mengandung lebih banyak serat dan karbohidrat sederhana yang baik untuk pencernaan.

330 kal. Manfaat beras merah juga sangat penting karena kandungan antioksidan dan vitamin B6 nya yang cukup bagus untuk keseimbangan serotonin, serta menyingkirkan kolesterol jahat. Tak hanya nasi saja, sumber karbohidrat yang bisa memberikan banyak manfaat untuk energi tubuh adalah makanan lain yang kaya karbohidrat seperti gandum, umbian, kentang dan jagung. Selanjutnya, kategori dalam makanan yang tergolong 5 sehat 4 sempurna adalah lauk pauk. Daging sapi, daging kambing, ikan dan aneka ragam hewan laut atau darat dan udara seperti burung. Diantara lauk yang banyak di incar penduduk Indonesia ikan.

Ikan adalah sumber protein yang cukup bagus untuk perkembangan otot. Diantara yang banyak dan kaya protein dan asam lemak omega 3 adalah ikan tuna dan Salmon. Selain, ikan lauk pauk yang banyak di konsumsi masyarakat Indonesia adalah daging ayam. Ayam juga banyak mengandung protein namun tidak baik jika setiap hari kita mengkonsumsi ayam karena daging ayam tersebut kaya dengan lemak tidak baik khususnya jika berlebihan. Lemak yang sangat banyak terdapat pada bagian usus dan hati ayam dan bagian lainnya.

Bagian ayam yang tinggi protein dan rendah lemak hanya terdapat pada dada ayam saja. Maka, jika anda memiliki dada ayam, sebaiknya konsumsi dada ayam saja untuk mencukupi nutrisi harian. Selain daging, sumber nutrisi dari lauk pauk selanjutnya adalah telur. Telur adalah produk makanan yang di sukai semua orang. Maka tak heran jika menelurkan ayam adalah sebuah bisnis yang menjanjikan. Telur juga kaya dengan protein, namun tidak anjurkan untuk mengkonsumsi telur hingga 2 butir sehari karena ini bisa memperburuk kesehatan.

Protein dalam telur bermanfaat untuk memperkuat jaringan otot dan pertumbuhan otot karena mengandung juga magnesium yang baik untuk mengatur pH tubuh. Selanjutnya, lauk pauk yang banyak di konsumsi adalah tempe dan tahu. Harganya murah namun penuh dengan nutrisi, itulah tahu dan tempe. Ini adalah makanan yang masuk dalam 5 sehat 4 sempurna yang perlu di konsumsi. Cara mengkonsumsi tahu dan tempe adalah dengan menggoreng, memasukkan dalam sayuran atau di tumis. Selanjutnya, makanan sehat yang masuk empat sehat lima sempurna adalah sayur-sayuran. Sayuran banyak diantaranya yang kaya antioksidan dan beragam nilai gizi lainnya yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh.

Baca Juga  : 5 sehat 4 sempurna Masih Relevankah ?

Sawi adalah sayuran hijau yang baik untuk mencegah kanker, menyehatkan tulang, sehat untuk rambut dan kulit, mencegah diabetes, dan membantu tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Diantara nilai gizi dalam sawi adalah vitamin K, yang mengandung folat, thiamin, kalium, niacin dan fosfor. Sayuran ini masih dalam satu keluarga, mereka tinggi kandungan indoles. Ini adalah zat penting dalam melindungi tubuh dari kanker seperti kanker payudara dan kanker usus. Selain itu, sayuran seperti brokoli dan kembang kol kaya flavonoid yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk kesehatan.

Wortel kaya vitamin A dan vitamin serta zat lainnya. Warna orange pada wortel di katakan karena kaya zat zeaxathin, beta karoten serta vitamin c yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Wortel adalah sayuran yang termasuk dalam 5 sehat 4 sempurna yang penting di konsumsi baik sebagai sayuran atau sebagai jus. Wortel juga kaya kalium yang bermanfaat untuk menetralisir darah tinggi dan melancarkan metabolisme tubuh. Serat dalam wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan insulin tubuh yang baik untuk mencerna gula dalam tubuh. Selain wortel, ada sayuran lain yang tak kalah penting yaitu lobak, kangkung, bayam, kacang panjang, tomat, dan lain-lain.