Lakukan Cara Ini Jika Kamu Sedang Pusing

2

Lakukan Cara Ini Jika Kamu Sedang Pusing – Rasa pusing yang sering kali kita rasakan membuat kita sangat kebingungan dalam mengatasinya. Rasa pusing dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti terasa berputar-putar dan sampai kehilangan keseimbangan saat berdiri atau sedang berjalan. Cara paling utama dalam mengatasinya adalah mencari tempat duduk untuk beristirahat sejenak. Hal itu dapat segera meredakan rasa pusing yang kamu rasa. Namun apakah ada cara lain untuk menghilangkannya? Berikut adalah cara mudah menghilangkan pusing tanpa menggunakan obat.

Cara Menghilangkan Pusing tanpa obat

Cara menghilangkan pusing tidak selalu hanya dengan mengonsumsi obat-obatan yang dijual di apotek, Anda bisa mencoba alternatif lain dengan menggunakan cara lain yang tanpa mengunakan obat. Berikut adalah cara menghilangkan pusing tanpa obat yang dapat dicoba:

1. Penanganan gejala
Langkah pertama yang harus dilakukan saat mengalami pusing adalah duduk atau berbaring serta menghindari cahaya yang terlalu terang.
Jangan mengganti posisi secara tiba-tiba dan jika ingin berdiri, berdirilah secara perlahan. Dehidrasi dapat menyebabkan pusing, karenanya minumlah air saat merasa haus agar tidak kehilangan cairan tubuh
jahe untuk menghilangkan sakit kepala

2. Jahe
Jahe sudah dikenal dalam menangani beberapa kondisi, seperti mual, sakit perut, dan sebagainya. Namun, tahukah Anda kalau jahe dapat dijadikan cara menghilangkan pusing? Jahe dapat meringankan gejala dari mabuk saat perjalanan yang dapat menyebabkan pusing.
Anda dapat mengonsumsi jahe dengan mencampurnya dalam makanan yang dikonsumsi, dalam bentuk teh jahe, ataupun dalam bentuk suplemen.

Baca Juga :Cara Mudah Atasi Mata Lelah

3. Gerakan Epley (Epley maneuver)
Gerakan ini dilakukan sebagai cara menghilangkan pusing bagi penderita vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV) di rumah. Anda dapat memulai gerakan Epley dengan duduk di atas kasur dan memutar kepala setengah ke kanan.
Setelahnya, Anda dapat berbaring di kasur selama 30 detik dengan posisi kepala memutar setengah ke kanan dan bantal kepala di bawah bahu serta kepala tergeletak. Kemudian, putar kepala setengah ke kiri tanpa menaikkan kepala selama 30 detik.
Setelah 30 detik, putar tubuh ke kiri dengan posisi kepala yang masih sama sehingga Anda berbaring pada sisi tubuh. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik dan selanjutnya Anda dapat duduk pada sisi kiri Anda.

4. Akupuntur
Alternatif tradisional seperti akupuntur dapat menjadi bahan pertimbangan Anda sebagai cara menghilangkan pusing. Jika pusing yang dialami disebabkan karena migrain, akupuntur dapat membantu untuk meringankan sakit kepala yang dialami.
macam sayur dan buah

5. Vitamin dan zat besi
Vitamin C, vitamin E, vitamin B-6, dan zat besi dapat dikonsumsi sebagai cara menghilangkan pusing. Anda dapat mengonsumsi vitamin-vitamin ini dari makanan atau suplemen.
Vitamin C dapat mengurangi vertigo, vitamin E dapat mencegah masalah sirkulasi, vitamin B-6 dapat mengobati pusing dan mencegah anemia, dan zat besi juga dapat mencegah anemia yang dapat menyebabkan pusing.

6. Minum air
Sering merasa pusing? Bisa jadi tubuh Anda kekurangan cairan alias dehidrasi. Nyatanya, dehidrasi adalah penyebab umum dari sakit kepala migrain dan tegang. Menurut sebuah penelitian, meminum air secara teratur dipercaya dapat meredakan gejala-gejala sakit kepala pada penderita dehidrasi.