Kombinasi Buah Dan Manfaatnya Bila Dikonsumsi Di Pagi Hari

Kombinasi Buah Dan Manfaatnya Bila Dikonsumsi Di Pagi Hari

5sehat4sempurna.com – Buah adalah jenis makanan sempurna, karena mudah dicerna oleh tubuh. Sebagai antioksidan dan sumber nutrisi, buah memiliki manfaatnya tersendiri. Mulai dari mengatasi pilek, menangkal peradangan hingga membuat kulit bersinar dan rambut berkilau. Tambahkan beberapa jenis buah ini ke dalam menu sarapanmu. Dikutip dari Healthline, berikut 5 kombinasi buah dan manfaatnya yang bisa kamu makan di pagi hari. Ceri mengandung jumlah senyawa fenolik yang paling tinggi, fungsinya memberikan manfaat anti-inflamasi atau anti peradangan yang kuat.

Gabungkan dengan blueberry yang mengandung antioksidan serta vitamin A, C, dan E. Selain itu anthocyanin merupakan antioksidan utama dalam blueberry dan ceri. Ia memberi warna biru tua dan merah yang cantik pada buah ini. Sementara nanas, mengandung vitamin C dan enzim yang disebut bromelain. Fungsinya bisa mengurangi peradangan usus, meningkatkan kekebalan tubuh, dan merangsang pencernaan protein. Kiwi kaya akan vitamin C, yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh.

Jeruk bali dan stroberi juga kaya akan vitamin C, bahkan kandungannya lebih banyak daripada jeruk biasa. Fungsinya, membantu meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit. Buah-buahan ini kaya akan antioksidan dan senyawa penangkal penyakit yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu juga membuat kita tetap awet muda. Senyawa resveratrol dalam anggur merah memiliki sifat antioksidan kuat dan anti penuaan yang membantu memerangi penyakit dan tanda-tanda penuaan. Anggur juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang membuat penglihatan kita kuat dan dapat meminimalkan efek berbahaya dari sinar ultraviolet. Sementara delima mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi daripada buah lainnya. Fungsi lainnya bisa membantu memulihkan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Detoksifikasi tidak dapat dilakukan tanpa bantuan makanan yang berfungsi menghidrasi dan mengeluarkan racun dari tubuh. Semangka, terdiri dari 92 persen air dan mengandung agen detoksifikasi utama yang disebut glutathione. Ini juga merupakan sumber likopen, vitamin A dan C, yang membantu proses detoksifikasi dan memerangi radikal bebas. Begitupun lemon, buah ini bermanfaat sebagai antibakteri dan antivirus. Meminumnya dengan air hangat di pagi hari dapat membantu membersihkan tubuh dan melancarkan pencernaan. Jangan lupakan goji berry, buah kecil ini adalah sumber antioksidan, vitamin A, B, C, dan E yang hebat. Selain itu kandungan zat besi, dan kolin dalam goji berry sangat dibutuhkan hati untuk proses detoksifikasi. Pepaya mengandung antioksidan dan nutrisi yang membantu produksi kolagen. Buah ini juga mengandung enzim yang disebut papain yang membantu melawan kerusakan kulit. Blackberry adalah buah-buahan rendah gula yang lezat mengandung antioksidan dan vitamin A dan C. Sementara blewah, mengandung beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Blewah bisa membuat kulit bercahaya dan rambut kuat berkilau.

Selain itu setiap sesi makanan juga tidak diharuskan ada menu makanan empat sehat lima sempurna secara lengkap. Hanya komponen tertentu saja setiap sesi makan dan ini saling melengkapi sebagai menu seimbang atau menu 4 sehat 5 sempurna dalam 1 hari. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna diatas sebenarnya terlalu memaksakan, dimana setiap sesi makan terlihat harus terpenuhi semua komponen makanan seperti konsep ini yakni, nasi, lauk pauk, sayuran, buah dan susu. Sebagai solusi, seperti dikutip dari Wikipedia, konsep makanan empat sehat lima sempurna sudah tidak cocok lagi dengan kondisi masyarakat Indonesia sehingga perlu menerapkan konsep baru yakni Pedoman Gizi Seimbang.

Pedoman gizi seimbang masing masing bisa berbeda dikarena aktifitas setiap orang juga berbeda. Saat ini, banyak orang yang tidak sempat melakukan olah raga, sehingga lemak dan kalori menumpuk dalam tubuh. Hal ini tentu menimbulkan resiko penyakit. Oleh karena itu, dengan pedoman gizi seimbang ini maka orang tidak lagi harus terpaku dengan menu makanan 4 sehat 5 sempurna seperti dulu. Sumber energi : Padi, umbi, golongan tepung, jagung, sagu dan makanan berkarbohidrat penyuplai energi lainnya.

Baca Juga  : Menu Makanan 5 Sehat 4 Sempurna Untuk Anak

Sumber zat pembangun : Daging ayam, ikan, daging sapi, susu, telur, kacang – kacangan seperti olahan tahu dan tempe, dan susu kedelai. Nah, dari konsep Gizi Seimbang diatas, maka terlihat adanya perbedaan dengan menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Jika konsep empat sehat lima sempurna memiliki 4 jenis sumber makanan dan susu sebagai penyempurna, maka Pedoman Gizi Seimbang menerapkan 3 sumber makanan. 13. Selalu membaca label kemasan pada makanan. Dengan menerapkan konsep Pedoman Gizi Seimbang yang menjadi penyempurna dari konsep menu 4 sehat 5 sempurna maka, kita tidak cukup hanya memenuhi gizi bagi tubuh saja.

Menerapakan menu makanan lebih variatif juga perlu dilakukan. Selain itu, menjaga kesehatan tubuh dengan hanya memperhatikan menu makanan sehat saja juga masih kurang sempurna. Kebutuhan tubuh akan olahraga juga harus dipenuhi. Membatasi berbagai makanan dengan kandungan kalori yang tinggi serta kandungan dari makanan lainnya seperti kolestrol dan lemak akan berpengaruh bagi kesehatan rubuh. Aktifitas sibuk seseorang juga sedikit banyak berpengaruh pada pola makan mereka. Tidak jarang jika mereka selalu mengkonsumsi makanan cepat saji serta makanan yang kurang sehat lainnya yang banyak dijual di restoran atau warung makan. Demikian ulasan mengenai menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Dengan menyempurnakan dari konsep makanan empat sehat lima sempurna ke Pedoman Gizi Seimbang, maka jelas akan lebih baik didalam meningkatkan kesehatan tubuh sesuai dengan perkembangan jaman yang selalu berubah. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.