Contoh Menu Makan Pagi Siang Malam 5 sehat 4 sempurna

Contoh Menu Makan Pagi Siang Malam 5 sehat 4 sempurna

5sehat4sempurna.com – Mengkonsumsi menu makan pagi siang malam 5 sehat 4 sempurna sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sebab, makanan 5 sehat 4 sempurna dan kandungan gizinya cukup lengkap karena mengandung vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak. Hanya saja jumlah lemak sebaiknya tidak berlebihan karena bisa memicu obesitas, yang ujung-ujungnya akan mengancam kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui, di jaman sekarang ini menu makanan 5 sehat 4 sempurna sudah lebih disempurnakan lagi. Hal ini karena sudah tidak relevan dengan kemajuan jaman serta gaya hidup masyarakat saat ini. Kembali ke menu makan 5 sehat 4 sempurna. Gizi seimbang yang sangat dibutuhkan oleh tubuh haruslah mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin yang mencukupi setiap harinya. Semua kebutuhan tersebut akan didapatkan ketika Anda mengkonsumsi menu makan pagi siang malam 5 sehat 4 sempurna. Karena pentingnya hal ini, maka pada artikel kali sengaja kami akan memberikan ulasan dan penjelasan tentang susunan menu makan pagi, siang dan malam serta contoh menu makanan seimbang.

Dengan mengetahuinya, Anda bisa mengikuti daftar menu tersebut dan mengkonsumsinya secara rutin untuk memenuhi kebutuhan gizi yang cukup dan seimbang bagi tubuh. Salah satu bentuk gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah karbohidrat. Karenanya, dalam daftar menu makan pagi siang dan malam yang sehat haruslah terdapat jenis-jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat, yaitu nasi, kentang, jagung, oat, dan umbi-umbian. Meskipun begitu, kita tidak boleh berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat ini. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat juga biasanya menyumbang jumlah kalori yang tinggi bagi tubuh. Jika tidak seimbang antara asupan kalori dan pemakaian kalori, bisa – bisa Anda menjadi gemuk. Pada susunan menu makan pagi siang malam 5 sehat 4 sempurna, lauk pauk tergolong makanan pendamping untuk makanan pokok. Bahkan, lauk pauk tergolong salah satu contoh menu makanan 5 sehat 4 sempurna yang seharusnya dimasukkan ke dalam susunan menu makan pagi, siang dan malam untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun dalam tubuh kita.

Oleh karena itu, jenis makanan yang akan dijadikan lauk pauk seharusnya mengandung protein yang tinggi, seperti telur, ikan, daging, tempe dan tahu. Sayuran-sayuran juga termasuk salah satu contoh menu makanan 5 sehat 4 sempurna. Kandungan gizi yang terdapat di dalam sayur-sayuran sangat baik bagi kesehatan tubuh, serta menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari serangan beragam jenis penyakit. Salah satu jenis sayur-sayuran yang terbaik untuk itu adalah sayur-sayuran hijau karena mengandung vitamin, serat dan protein nabati. Beberapa contoh sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, terong, tomat, serta beberapa jenis sayuran hijau lainnya. Kehadiran buah-buahan merupakan pelengkap bagi susunan menu makan pagi, siang dan malam yang sehat dan seimbang. Kandungan vitamin, mineral, serta kandungan air yang tinggi pada buah-buahan sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah-buahan secara akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalannya. Kehadiran susu juga merupakan pelengkap untuk menu makan pagi siang malam 5 sehat 4 sempurna.

Baca Juga  : Contoh Menu Dan Manfaat Makanan 5 sehat 4 sempurna

Bahkan, kehadirannya wajib dimasukkan ke dalam menu 5 sehat 4 sempurna untuk anak dan keluarga karena kaya akan kalsium, vitamin D dan vitamin B-12 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Susu yang dikonsumsi bisa berupa susu murni atau makanan hasil olahan yang mengandung susu seperti keju. Mengkonsumsi makanan 5 sehat 4 sempurna dan kandungan gizinya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tidak harus berupa makanan yang mewah dan mahal. Banyak resep makanan 5 sehat 4 sempurna sederhana yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang maksimal. Gado-gado termasuk salah satu jenis resep makanan 5 sehat 4 sempurna sederhana yang mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab, gado-gado menggunakan bahan baku sayur-sayuran seperti kentang yang mengandung anti inflamasi dan telur untuk proses regenerasi, toge untuk meningkatkan kesuburan, sayur-sayuran hijau yang kaya akan vitamin, serat dan protein nabati, dan yang lainnya. Belum lagi kandungan vitamin C yang terdapat di dalam bumbu gado-gado yang umumnya terdiri dari tomat dan cabe merah.

Sop tomat juga termasuk dalam resep masakan 5 sehat 4 sempurna sederhana yang patut untuk dicoba. Bahkan tidak ada salahnya jika Anda memasukkan sop tomat ke dalam salah satu menu makan pagi siang malam 5 sehat 4 sempurna. Sebab, kandungan vitamin A pada tomat sangat baik untuk menunjang dan meningkatkan kesehatan mata dan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi aneka resep masakan yang mengandung tomat secara rutin, Anda akan terjauhkan dari resiko penyakit degenerative. Di dalam tomat juga terkandung Lycopene yang sangat efektif membantu memutihkan kulit tubuh secara alami. Bagi para wanita, mengkonsumsi tomat sangat menunjang dalam menjaga dan keningkatkan kecantikan. Salah satu campuran sop tomat adalah buncis. Sedangkan buncis mengandung Beta-karoten yang lebih baik dari wortel. Beta-karoten adalah senyawa karotenoid yang juga disebut dnegan provitamin A yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan kesehatan secara umum. Selain dari kedua resep makanan 5 sehat 4 sempurna sederhana di atas, tentu masih banyak menu sederhana lainnya yang bisa melengkapi kebutuhan makanan 5 sehat 4 sempurna.