Cara Agar Balita Tumbuh Dan Berkembang Dengan Baik

Cara-Agar-Balita-Tumbuh-Dan-Berkembang-Dengan-Baik

5sehat4sempurna – Sudah pasti setiap orang tua tentu mengharapkan anak-anaknya sehat dan tumbuh berkembang secara ideal. Agar harapan itu bisa tercapai, penting bagi orangtua untuk memastikan asupan gizi dan nutrisi terbaik untuk anak. Memperhatikan asupan gizi dan nutrisi ini sebaiknya dimulai sedini mungkin, yakni sejak anak berusia di bawah lima tahun atau anak balita.

Usia balita sering kali disebut golden age bagi anak-anak. Karena, di masa-masa awal hidupnya di dunia inilah anak-anak mengalami perkembangan terbaik untuk fisik dan otak. Karena itu, berikan gizi dan nutrisi terbaik untuk anak Anda agar tumbuh dan berkembang sempurna. Gizi dan nutrisi apa saja yang diperlukan anak selama masa pertumbuhannya?

Vitamin

Dalam bahasa ilmiah, vitamin adalah senyawa organik yang tersusun dari karbon dan berguna bagi tubuh manusia. Namun karena tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia, vitamin harus didapatkan dari asupan. Dari keseluruhan vitamin yang ada, empat jenis vitamin ini seharusnya dikonsumsi secara cukup oleh anak-anak balita.

Masing-masing vitamin itu adalah:

  • Vitamin A. Peran vitamin adalah menjaga kesehatan mata sekaligus membantu proses pertumbuhan tulang. Sistem kekebalan tubuh seorang anak juga akan berfungsi lebih baik jika ia mendapatkan cukup vitamin A. Vitamin A terkandung dalam makanan seperti daging sapi, susu, dan buah-buahan berwarna cerah.
  • Vitamin C. Proses pembentukan dan perbaikan sel darah manusia di tubuh seorang manusia akan berjalan lancar jika ia memiliki cukup kandungan vitamin C. Untuk seorang anak balita, manfaat lain vitamin C adalah membantu pertumbuhan gusi, serta mencegah infeksi. Nutrisi ini bisa didapatkan tubuh melalui konsumsi pepaya, nanas dan melon.
  • Vitamin D. Seorang anak balita juga membutuhkan vitamin D untuk memperlancar proses penyerapan berbagai mineral penting, seperti kalsium. Seorang anak bisa mendapatkan vitamin D dengan mengonsumsi telur, tahu, tempe, dan daging ikan.
  • Vitamin E. Dalam proses pertumbuhan, vitamin E berguna untuk mencegah kerusakan sel dengan cara menangkal masuknya radikal bebas. Vitamin jenis ini juga membantu proses metabolisme tubuh. Makanan yang merupakan sumber vitamin E misalnya bayam, biji-bijian, dan buah alpukat.

Kalsium

Kalsium adalah jenis mineral yang sangat berguna bagi perkembangan tubuh manusia. Kalsium inilah yang membuat tulang dan gigi manusia tumbuh serta berkembang. Kalsium juga memainkan peranan dalam proses pembekuan darah serta proses mengubah makanan menjadi energi.

Susu merupakan asupan yang paling kerap direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan akan kalsium. Kalsium juga bisa ditemukan di berbagai sayuran, seperti brokoli, pakcoy, dan bayam. Bagi penyuka ikan, pilihlah sarden, dan salmon untuk mendapatkan kalsium. Mineral ini juga terkandung dalam tahu, biji wijen, kacang merah, almond, susu kacang, dan tahu.

Asam lemak esensial

Istilah ini merujuk ke asam lemak yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Asam lemak esensial yang wajib ada dalam asupan anak-anak balita adalah omega 3 dan omega 6.

Asam lemak omega 3 berguna untuk menjaga kesehatan organ tubuh, terutama jantung dan tulang. Manfaat ini juga diberikan oleh omega 6. Manfaat lain omega 3 bagi si kecil adalah membantu pertumbuhan otak, serta meningkatkan daya tahan terhadap radang.

Ikan makarel, salmon, sarden, dan tuna bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan omega 3. Demikian juga sayuran berupa daun berwarna hijau tua. Pilihan lain sebagai sumber omega 3 adalah minyak sayur, biji rami, kacang walnut, serta hazelnut.

Sementara asam lemak esensial omega 6 bisa diperoleh dengan mengonsumsi minyak bunga matahari, biji bunga matahari, minyak jagung, minyak zaitun, dan biji labu.

Zat besi

Nutrisi ini penting dalam asupan anak balita karena ia memiliki peran dalam pembentukan hemoglobin dan mioglobin. Hemoglobin merupakan zat di dalam darah yang menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Sementara mioglobin merupakan zat yang menyimpan oksigen di otot.

Jika tubuhnya kekurangan zat besi, seorang akan mudah merasa lesu atau lemas. Karena itu, pastikan anak Anda mendapat asupan yang mengandung cukup zat besi. Mineral ini sendiri terkandung dalam daging, kuning telur, serta ikan.

Baca Juga : Menu Menu Makanan 5 Sehat 4 Sempurna

Magnesium

Mineral jenis ini dibutuhkan karena memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan seorang anak balita. Selain menjaga kesehatan jantung, magnesium juga menguatkan sistem kekebalan tubuh. Memenuhi kebutuhan akan magnesium juga tak sulit karena nutrisi ini ada, baik di buah-buahan, seperti alpukat, sayuran, hingga ikan.

Kalium

Kalium merupakan nutrisi yang berguna untuk menjaga ketersediaan air di dalam tubuh anak balita. Peran ini penting untuk memastikan tubuh manusia memiliki tekanan darah yang normal. Kalium juga berguna bagi kesehatan otot serta jantung manusia. Seperti kalsium, kalium juga terkandung di susu. Pilihan lain sebagai sumber asupan kalium adalah pisang dan tomat.

Zinc

Nutrisi ini memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan serta metabolis tubuh manusia. Bagi anak-anak balita, zinc juga memainkan peranan penting dalam pertumbuhan tubuh. Memenuhi kebutuhan akan zinc untungnya tidak sulit. Nutrisi ini terkandung di brokoli, bayam, dan juga tomat.

Memberikan gizi dan nutrisi yang seimbang bagi anak balita adalah perhatian terbaik yang bisa Anda berikan untuk mereka. Ayo, pastikan si buah hati tumbuh sehat dan berkembang dengan sempurna dengan memperhatikan asupan gizi dan nutrisi mereka.

Dengan premi mulai dari Rp12.000 per hari, Anda bisa memperoleh perlindungan berupa manfaat harian perawatan rumah sakit, manfaat harian perawatan ICU, rawat jalan setelah perawatan rumah sakit, manfaat pembedahan, layanan pendampingan saat di rumah, dan layanan telekonsultasi keluarga. Menariknya lagi, asuransi ini memberlakukan guaranteed acceptance tanpa pertanyaan kesehatan dan medical check-up. Selamat menimbang!